KAI Siapkan 40 KA Tambahan Angkutan Lebaran

PT Kereta Api Indonesia menyiapkan sebanyak 40 kereta api tambahan untuk angkutan Lebaran 2013, kata Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Sugianto, Selasa.

Tempo/Tony Hartawan

Ia mengatakan dari 40 KA tambahan lebaran tersebut, sebanyak 22 KA di antaranya merupakan kereta kelas komersial dan 18 KA lainnya adalah kereta ekonomi.

“Kereta api tambahan lebaran tersebut akan dioperasikan mulai 1 Agustus 2013. Kereta tersebut melayani jurusan Jakarta ke Solo, Surabaya, Malang, Bandung, Cirebon, Kutoarjo, Yogyakarta dan juga Bandung ke Solo dengan jumlah total tempat duduk yang tersedia mencapai 22.896 per harinya,” kata Sugianto kepada wartawan.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah KA yang dioperasikan pada Lebaran 2013 secara total mencapai 305 KA, yang terdiri dari 265 KA reguler dan 40 KA tambahan dengan jumlah penumpang diprediksi mencapai 1.779.270 orang.

“Jumlah tersebut meningkat dari penyediaan angkutan lebaran tahun 2012 yang hanya mencapai 210 rangkaian KA, terdiri dari 178 KA reguler dan 32 KA tambahan,” kata dia.

Menurut dia, penambahan kereta tersebut dilakukan karena adanya permintaan jasa angkutan yang cukup tinggi pada tradisi mudik dan balik lebaran atau hari raya Idul Fitri.

Sugianto menjelaskan, lima kereta api di antara 40 KA tambahan lebaran tersebut nantinya akan melewati wilayah Daop VII Madiun. Kelima kereta tersebut adalah KA Eksekutif-Bisnis Sancaka Lebaran, KA Ekonomi Mantab Lebaran, KA Ekonomi Pasundan Lebaran, KA Eksekutif Gajayana Lebaran, dan KA Ekonomi Matarmaja Lebaran.

Tiket tambahan lebaran untuk pemberangkatan dari Madiun, pihaknya mencatat telah terjual sebanyak 30 persen dari yang disediakan. Penjualannya telah dimulai sejak 1 Juni 2013.

Ia memprediksi tiket tersebut akan segera habis seperti halnya tiket KA reguler. Hal tersebut karena Madiun merupakan kota tujuan mudik lebaran. Selain itu, pemesanan dapat dilakukan sejak 90 sebelum keberangkatan.

Sugianto menambahkan, secara umum PT KAI telah siap melayani kegiatan mudik dan balik Lebaran tahun 2013. Diharapkan, dengan kereta tambahan tersebut, kegiatan mudik dan balik para calon penumpang pada tahun ini akan lebih baik dan lancar.

Masa angkutan Lebaran 2013 oleh PT KAI ditetapkan selama 22 hari yakni pada H-10 sampai dengan H+10, mulai 29 Juli hingga 19 Agustus 2013.

About detomasocar

I was a little boy.

Posted on June 12, 2013, in News. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: