Rangkaian Lampu LED Berjalan

Disebut Rangkaian LED berjalan karena lampu LED yang dipasang pada papan rangkaian/PCB (Printed Circuit Board) akan menyala secara bergantian dari LED satu berganti ke LED sebelahnya. Sehingga kalau diamati, nyala lampu LED tersebut seperti berjalan. Rangkaian ini sering juga disebut rangkaian running LED.

Komponen – komponen yang digunakan untuk membuat Rangkaian Lampu LED berjalan adalah sebagai berikut :

  1. Baterai 9 – 12 V (sebagai sumber tenaga)
  2. Capasitor 10 µF (micro fared) 12 – 16 V
  3. Resistor 1 KΩ
  4. IC NE555
  5. IC 4017B
  6. Trimpot 10 KΩ
  7. Lampu LED ( Jumlah sesuai kebutuhan )
  8. Papan PCB yang bersih
  9. Bubuk pelarut PCB
  10. Seterika
  11. Air panas / air baru mendidih

Langkah – langkah yang digunakan yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkan semua bahan – bahan yang sudah disediakan diatas.
  2. Buatlah terlebih dahulu rangkaian seperti yang ada di bawah ini.

  3. Perhatian :
  • Rangkaian tersebut dibuat pada program / software LiveWire. Anda bisa memakai software yang lain yang menurut anda lebih baik.
  • Jumlah LED yang digunakan sesuai dengan kebutuhan saja.
  1. Setelah anda membuat rangkaian seperti gambar tersebut, pastikan bahwa rangkaian tidak ada yang salah. Anda bisa mencoba apakah rangkaian ini sudah benar atau tidak dengan meng-klik perintah “Run”
  1. Setelah anda yakin bahwa rangkaian yang anda buat sudah benar, maka anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mengubah rangkaian tersebut menjadi gambar asli dan menjadi bentuk yang asli.
  1. Cara membuat rangkaian tersebut ke gambar bentuk asli dengan menggunakan software / program PCB Wizard. setelah anda membuka program ini, pastikan selalu stand-by sebelum mengubah rangkaian.
  1. Dari program LiveWire, klik Tools → Convert → Design to Printed Circuit Board..
  1. maka anda akan mendapat beberapa perintah. Ikuti saja perintah tersebut, lalu klik Next dan perintah terakhir yaitu Convert.
  1. Dengan otomatis program PCB Wizard akan mengubah rangkaian yang anda buat.

Perhatian :

Hasil convert ini yaitu 92 %. Agar menjadi 100 %, lakukanlah cara sebelumnya secara berulang kali sampai menghasilkan convert 100%.

  1. Untuk mengubah menjadi gambar dalam bentuk asli, anda bisa meng-klik perintah “Real World” pada sisi kiri program PCB Wizard.
  1. Jika anda ingin membuat menjadi barang yang sungguhan, anda harus meng-klik perintah “Artwork” pada sisi kiri PCB Wizard
  1. Lalu print lah gambar tersebut diatas kertas foto menggunakan tinta mesin fotokopi

 Perhatian:

Ukuran pada gambar tersebut tidak perlu dirubah lagi ukurannya, karena gambar tersebut sudah menyesuaikan dengan komponen – komponen yang digunakan nanti.

  1. Untuk meletakkan gambar tersebut keatas papan PCB, anda harus menggunakan seterika. Gambar tersebut ditempel menghadap kearah tembaga papan PCB, lalu seterika lah gambar tersebut agar menempel pada papan PCB.

Perhatian :

Anda harus selalu memperhatikan proses seterika gambar sampai gambar tersebut menempel dengan sempurna pada papan PCB. Temperature panas seterika harus selalu diperhatikan agar tidak merusak gambar dan papan PCB.

  1. Setelah gambar menempel dengan utuh pada papan PCB, siapkanlah proses penglarutan pada papan PCB.
  1. Tuangkan air panas / air mendidih pada penampang datar berbahan non-logam. Setelah itu tuangkan penglarut pada air panas tersebut.
  1. Masukkanlah papan PCB yang ada gambar tersebut ke dalam penampang yang sudah disiapkan. Goyanglah ke kanan dan ke kiri penampang tersebut agar penglarut bekerja untuk melarutkan papan PCB tersebut.
  1. Setelah proses penglarutan selesai, angkatlah papan PCB dan keringkan beberapa saat. Setelah kering, gosoklah papan PCB dengan menggunakan amplas atau bisa juga dibersihkan dengan menggunakan cairan Tinner.
  1. Setelah papan PCB sudah bersih, lubangilah setiap bulatan yang ada pada papan PCB tersebut menggunakan Bor tangan (menggunakan mata bor yang kecil,  dengan ukuran ± 0.8 mili).
  1. Setelah semua bulatan sudah dilubangi, pasanglah komponen – komponen berdasarkan gambar asli atau “Real World” tadi. Cara menempelkannya dengan cara di solder menggunakan timah.
  1. Setelah semua komponen menempel pada papan PCB, cobalah untuk menghidupkannya menggunakan baterai 9 – 12 V.
  1. Maka rangkaian yang anda buat menyala sesuai dengan gambar rangkaian pertama yang dibuat pada program LiveWire.

 Perhatian:

Mintalah panduan dari guru atau pengajar anda agar langkah – langkah tersebut dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam membuat “Rangkaian Lampu LED Berjalan”

Penjelasan mengenai proses kerja Rangkaian Lampu LED Berjalan:

Komponen utamanya adalah sebuah IC NE555 yang menghasilkan pulsa atau detak-detak sinyal logika, sehingga lampu LED dapat menyala berkedip. Ditambah satu IC 4017B yang akan menghasilkan decade counter sehingga lampu LED dapat menyala bergantian.

Selebihnya adalah komponen pendukung yang terdiri dari resistor, dioda, capasitor, dan sebuah trimpot sebagai pengatur kecepatan putaran lampu LED.

sumber tenaga yang dugunakan yaitu baterai 9 – 12 V. Tetapi jika anda tidak ingin menggunakan baterai, anda juga bisa menggunakan power supply sebagai sumber tenaga untuk Rangkaian Lampu LED Berjalan tersebut, dengan mengubah sedikit bentuk dari sumber yang digunakan.

About detomasocar

I was a little boy.

Posted on May 19, 2013, in Elektronika. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: